21 Desember 2008

tips pengamanan komputer

Tips pengamanan komputer
Keamanan Komputer bisa ditingkatkan dengan dua pendekatan konvensional. Yaitu keamanan fisik dan keamanan logis (IT). Berikut kami sampaikan pendekatan keduanya untuk proteksi yang lebih baik.


Tips pengamanan komputer
Keamanan Komputer bisa ditingkatkan dengan dua pendekatan konvensional. Yaitu keamanan fisik dan keamanan logis (IT). Berikut kami sampaikan pendekatan keduanya untuk proteksi yang lebih baik.

1. Jangan simpan data penting di server. Simpan di flopy disk, Flash Disk USB, CD/DVD atau di laptop kita.

2. Gunakan password untuk setiap file (Excel, Word, PowerPoint)

3. Backup data penting (hapus bila memungkinkan) sebelum komputer / laptop kita diperbaiki oleh orang lain.

4. Ganti password :a. Ganti (bila memungkinkan) password secara periodik (Gunakan alat bantu lain untuk mengingat / mencatatnya).b. Ganti password bila komputer kita telah diperbaiki oleh orang lain.c. Ganti password bila suatu ketika kita berbagi materi / memberitahukan kepada orang lain.d. Ganti password bila sekretaris kita, assiten atau rekan sekerja kita mengundurkan diri / mutasi.e. Ganti password bila ada indikasi di bagian lain data disinyalir bocor.

5. Gunakan password secara “berlapis” :a. Password file (windows, excell, world)b. Password komputer (saat pertama kali dihidupkan)c. Password emaild. Password screen saver

6. Gunakan password yg berbeda setiap sharing dgn pihak lain. Campurkan kode dan tanggal dlm satu password, atau cara lain yang dirasakan efektif. Dan segera matikan proses sharing (not share) ketika sharing selesai.

7. Usahakan password lebih dari 6 digit dan gunakan penggabungan antara huruf dengan angka dan huruf kapital.

8. Dengan password yang semakin panjang, komputer secepat apapun akan lebih sulit untuk menembusnya

9. Matikan komputer selama istirahat.

10. Kunci ruangan selama istirahat (bila memungkinkan)

11. Jangan menyimpan file penting terutama yang berisi ID dan Password di dalam harddisk / folder yang di sahring dalam jaringan.

12. Minta masukan ke bagian IT untuk proteksi yang lebih baik. Tanyakan software v ersi baru proteksi virus dan metode terbaru proteksi / pengamanan computer Anda, baik yang desktop maupun notebook/laptop.

1 komentar: